News

Gambar Instalasi Hidroponik Sederhana, Merata Terkena Sinar Matahari

Gambar Instalasi Hidroponik Sederhana, Merata Terkena Sinar Matahari - PT. Sapto Bumi Hidroponik

Goodplant – Alasan kenapa gambar instalasi hidroponik sederhana harus selalu mendapatkan sinar matahari adalah agar tanaman tumbuh dengan baik. Sebagaimana yang kita ketahui, sinar matahari mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Ini artinya dibutuhkan segala upaya agar tanaman tetap mendapat sinar matahari secara penuh.

Table of Contents

    Atas alasan ini pula pembuatan gambar instalasi hidroponik sederhana harus ditata sedemikian rupa. Sehingga semua tanaman masih bisa mendapatkan sinar matahari secara merata. Rak instalasi juga berfungsi agar pipa hidroponik tetap dapat tertata dengan rapi. Selain lebih enak dipandang, tanaman juga bisa tumbuh subur karena tertata secara apik. 

    Tips Gambar Instalasi Hidroponik Sederhana 

    Tips Gambar Instalasi Hidroponik Sederhana

    Perbedaan utama hidroponik dan cocok tanam konvensional adalah cara penanamannya yang berbeda. Yakni hidroponik tidak membutuhkan tanah sebagai media tanam, karena itu dibutuhkan tempat khusus untuk menanamnya. Gambar instalasi hidroponik sederhana diperlukan sebelum pembuatan rak untuk tempat pipa hidroponik.

    Sejarah hidroponik diciptakan untuk mengatasi permasalahan lahan yang terus menyempit, terlebih bagi masyarakat urban. Di mana lahan pertanian yang luas kini menjadi lokasi perumahan. Dengan membuat rak hidroponik yang tepat, maka seluruh ruang yang ada dapat dioptimalkan.

    Tidak hanya luas rak yang dibuat, dapat menjadi tempat menanam secara hidroponik. Namun ruang vertikal pun dapat dimanfaatkan pula. Hanya saja dibutuhkan desain yang sesuai. Agar tanaman tetap dapat tumbuh maksimal sesuai dengan harapan petani.

    Sebelum membuat gambar instalasi hidroponik sederhana, sebelumnya Anda harus memastikan dulu sistem yang akan digunakan. Setelah ditentukan, baru bisa membuat rancangan rak hidroponik yang ingin dibuat. Sedang bahan yang dibutuhkan bisa dibeli di store Goodplant. Begini sistem penanaman hidroponik. 

    • DFT atau Deep Flow Technique

    Teknik DFT ini menggunakan air dengan kedalaman yang cukup dalam di pipa. Hal ini disengaja dengan tujuan agar air nutrisi dapat mengalir dan mencukupi kebutuhan semua tanaman. Kemudian diputar lagi agar bisa mengalir ke tempat semula. 

    • NFT atau Nutrient Film Technique 

    NFT ini menggunakan kedalaman air nutrisi yang cukup dangkal agar nutrisi yang dialihkan bisa diserap lebih optimal. Namun teknik ini hanya bisa dilakukan pada media datar saja. 

    Desain Rak Hidroponik

    https://www.youtube.com/watch?v=veJAHcnMCdM

    Hal pertama yang harus dipikirkan dalam gambar instalasi hidroponik sederhana adalah desain rak hidroponik supaya bisa dimanfaatkan secara menyeluruh. Desain hidroponik yang terdiri dari dua susun memang lebih familiar bagi petani rumahan. Namun sesungguhnya ini kurang tepat, mengingat tanaman pada bagian atas akan mengganggu pertumbuhan tanaman di bawah.

    Tanaman di atas akan menyerap sinar matahari lebih banyak. Akibatnya tanaman di bagian bawah hanya menerima sedikit sinar matahari. Perkembangan tanaman pun menjadi terhambat. Oleh sebab itu gambar instalasi hidroponik sederhana harus didesain agar bisa dimanfaatkan secara maksimal.

    Pembuatan gambar instalasi hidroponik sederhana untuk rak yang lebih bagus sebenarnya menggunakan model limas, karena sinar matahari dapat diterima oleh tanaman dengan merata. Letakkan juga rak tersebut pada bagian barat dan timur. Dengan tujuan, sinar matahari pagi maupun sore tetap menyinari tanaman. Sedang bila posisinya di selatan dan utara, riskan kekurangan cahaya yang dibutuhkan untuk fotosintesis itu. 

    Ukuran Pipa Ideal

    Gambar Instalasi Hidroponik Sederhana, Desain Rak Hidroponik

    Ada beberapa varian pipa yang lazim digunakan oleh para petani hidroponik pada saat membuat gambar instalasi hidroponik sederhana. Namun yang menjadi favorit biasanya berukuran 2,5 dan 3,0 inchi. Keduanya memiliki sedikit selisih harga. Namun begitu, bila digunakan untuk industri besar, lebih baik menggunakan pipa ukuran 2,5 inci. Pasalnya selisih harga tersebut menjadi besar karena membutuhkan pipa dalam jumlah lebih banyak.

    Selain mempertimbangkan ukuran pipa untuk instalasi hidroponik. Dibutuhkan juga beberapa aksesori tambahan. Misalnya knee, dop cop juga tutup pipa. Agar pemasangan rak hidroponik dapat tersusun dengan rapi.

    Cara Membuat Instalasi Hidroponik

    Cara Membuat Instalasi Hidroponik || Gambar instalansi hidroponik sederhana || Goodplant

    Setelah membuat gambar instalasi hidroponik sederhana, langkah selanjutnya adalah mewujudkan pembuatan rak instalasi tersebut. Cara pembuatannya cukup sederhana, terlebih bila dikerjakan hanya untuk skala rumah tangga saja. Rak ini masih bisa dikerjakan sendiri.

    1. Tentukan ukuran pipa yang akan dibuat menjadi rak. Namun kalau bisa, pipa tetap dalam ukuran yang sebenarnya. Hal ini dilakukan dengan alasan lebih hemat biaya karena tidak membutuhkan tutup pipa tambahan. Meski begitu dibutuhkan juga minimal tiga penyangga rak, untuk pipa sepanjang 4 meter.
    2. Buat saluran irigasi dengan menggunakan bantuan knee. Namun saluran irigasi ini harus disesuaikan dengan sistem yang akan digunakan. Bila menggunakan sistem NFT,maka ukuran knee yang dibutuhkan ukurannya sama dengan pipa. Sedang ketika memakai sistem DFT, saluran pipa harus lebih kecil dari ukuran pipa yang digunakan.
    3. Menentukan titik aliran irigasi untuk memastikan ketinggian air dalam pipa. Biasanya ketinggian air akan mengalami sedikit perbedaan bila pompa air sedang hidup atau dimatikan. Namun perbedaannya tidak terlalu banyak bila aliran airnya cukup kecil.

    Berbeda dengan pompa besar yang memiliki debit air cukup besar. Maka perbedaan ketinggian air pun cukup signifikan bila pompa hidroponik dalam kehidupan hidup atau pompa mati. Bila saluran irigasi tidak diatur dengan baik, maka air nutrisi bisa meluber.

    Alasan Tanaman Hidroponik Membutuhkan Sinar Matahari 

    Alasan Tanaman Hidroponik Membutuhkan Sinar Matahari || Gambar instalansi hidroponik sederhana || Goodplant

    Tanaman hidroponik ini sangat membutuhkan sinar matahari agar dapat berkembang dengan maksimal. Hal ini dapat dimaklumi karena proses fotosintesis pada tanaman memerlukan bantuan dari sinar matahari yang intens. Baru dapat mengalirkan seluruh hasil fotosintesis ke bagian batang tanaman.

    Bila tanaman mengalami kekurangan sinar maka akan ada banyak kerugian yang harus diterima. Pasalnya proses fotosintesis akan terhambat karena tidak menerima asupan cahaya yang dibutuhkan. Adapun kerugian yang terjadi berupa :

    • Daun akan tumbuh jarang bahkan merenggang.
    • Warna dan cenderung menguning, tidak lagi berwarna hijau.
    • Tanaman akan memiliki batang yang kurus dan lemah.
    • Proses kecambah cenderung lemah dan daunnya menguning
    • Nilai jual tanaman jatuh. 

    Lalu bagaimana halnya jika petani hidroponik ini kesulitan mendapatkan lokasi yang mendapat sinar matahari sepanjang waktu? Bila hal ini yang terjadi, terlebih jika lokasi yang ada berada dalam ruangan. Maka dibutuhkan bantuan Grow Light agar tanaman hidroponik dapat berkembang secara maksimal. 

    Lampu pertumbuhan atau lebih kerap disebut Grow Light ini membantu tanaman agar tetap tumbuh dengan subur meski tidak ada matahari. Ada 3 jenis lampu yang bisa digunakan. Meski begitu yang menjadi rekomendasi adalah lampu LED dibanding lampu neon.

    Lampu LED menjadi pilihan banyak petani hidroponik karena daya tahannya yang lebih panjang. Sudah begitu lebih hemat energi dan efektif sebagai pengganti matahari. Meski harga beli lampu ini lebih mahal, namun sangat bermanfaat bagi tanaman. Lampu LED juga tidak mudah pecah. 

    Semoga penjelasan mengenai gambar instalasi hidroponik sederhana ini  dapat membantu. Terutama bagi Anda yang ingin menanam sayuran dengan menggunakan teknik hidroponik. Sehingga sudah ada gambaran bagaimana cara pembuatan rak sederhana lengkap dengan bahan yang dibutuhkan. Anda juga dapat membeli seluruh perlengkapannya di Store Goodplant. Pengiriman dapat dilakukan untuk berbagai wilayah di Indonesia.

    Tinggalkan Balasan