Varietas Selada Eksotis Yang Memikat Mata Anda Pecinta Hidroponik….

28 Januari 2019 - Kategori Blog


 

Selada merupakan salah satu jenis tanaman yang bukan berasal dari Indonesia, tetapi sangat cocok dengan selera orang Indonesia. Jenis sayuran ini mengandung zat – zat gizi khususnya vitamin dan mineral yang lengkap untuk memenuhi syarat kebutuhan gizi masyarakat. Selada sebagai bahan makana sayuran bisa konsumsi dalam bentuk mentah sebagai lalapan bersama-sama dengan bahan makanan lain.

 

Yup, bagaimana pun cara menyantapnya, yang penting kita tetap bisa mendapatkan manfaat optimal dari selada ini. Ternyata, adapun banyak Varietas – varietas selada tersebut dibagi dalam empat kelompok, yaitu apa saja sih ?

 

Nah dalam Artikel kali ini akan kita bahas mengenai Varietas yang dimiliki selada, yaitu :

 

1. Tipe Selada Kepala atau Selada Telur (Head lettuce)

 

Tipe selada kepala adalah Tipe selada yang kropnya berbentuk bulat, beberapa helaian daun bawah tetap berlepasan, kropnya berukuran besar dan pada varietas tertentu daunnya ada yang berwarna hijau terang dan ada juga yang berwarna hijau keunguan (hijau agak gelap). Daun halus, renyah, dan rasanya enak, sehingga disukai banyak konsumen.Tipe selada kepala hanya cocok ditana di dataran tinggi (pegunungan) yang berhawa sejuk. Apabila ditanam di dataran rendah, tanaman tidak bisa membentuk krop karena untuk pembentukan krop diperlukan suhu yang dingin.

 

2. Tipe Selada Rapuh (Cos lettuce atau Romaine lettuce)

 

Banyak disukai karena teksturnya renyah, memberi sensasi segar, dan juicy. Lembaran daunnya panjang dan lebih kaku dibanding selada lainnya karena tulang daun yang sedikit tebal.Tipe selada rapuh hanya cocok ditanam di dataran tinggi (pegunungan) yang berhawa dingin (sejuk). Apabila ditanam di dataran rendah , tanaman tidak bisa membentuk krop, karena untuk pembentukan krop diperlukan suhu yang dingin. Beberapa varietas yang tergolong tipe rapuh ada yang sulit dibudidayakan di Indonesia, karena hanya tumbuh baik pada musim dingin saja.

 

3. Tipe Selada Daun (Cutting lettuce atau Leaf lettuce)

 

Daun halus, renyah, dan enak (agak manis), sehingga disukai juga oleh konsumen selada daun lebih enak dimakan mentah sebagai lalapan, selada daun juga banyak digunakan sebagai hiasan untuk aneka masakan sekaligus untuk lalapan. Tipe selada daun memiliki batang panjang dan terlihat. Tipe ini tahan terhadap kondisi panas dan dingin, sehingga bisa dibudidayakan di dataran rendah maupun di dataran tinggi (pegunungan).

 

4. Tipe Selada Batang (Asparagus lettuce atau Stem lettuce)

 

Tipe selada batang, daun mudanya bisa digunakan untuk sayuran, sedangkan batangnya digunakan untuk acar, sup, atau diasin. Selada batang tahan cuaca dingin dan panas, sehingga bisa dibudidayakan di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Semoga Artikel ini bisa membantu Anda dalam belajar Hidroponik.
Salam Hidroponik GOODPLANT

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter
WhatsApp chat