Hidroponik menggunakan olahan limbah cair dari sampah pasar

10 Februari 2017 - Kategori Blog
Share this :

Hidroponik menggunakan olahan limbah cair dari sampah pasar

GOODPLANT dipercaya untuk turut bekerjasama dalam program pemanfaat hasil olahan limbah cair sampah pasar buah Gamping Yogyakarta. Program ini terwujud atas kerjasama LPDP Kementrian Keuangan, Universitas Gadjah Mada, Koperasi Pasar Buah Gamping dan GOODPLANT.

Latar balakang program ini berawal dari banyaknya jumlah sampah buah di pasar buah gamping setiap hari bisa mencapai 1 truk kapasitas 3-4 ton. Jika jumlah tersebut selalu dibuang ke TPA maka akan menjadi masalah baru untuk pemerintah daerah dan di sisi lain biaya pembuangan sampah tersebut memakan biaya 71 juta per tahun. Belum lagi waktu dan energi yang terbuang sementara proses jual beli di pasar buah gamping tidak pernah berhenti artinya aktif selama 24 jam.

Atas dasar pemecahan masalah tersebut muncul ide sampah dikelola secara mandiri. Dengan bantuan pihak-pihak terkait diatas terwujudlah pengelolaan sampah harian menjadi biogas dan pupuk cair. Biogas digunakan sebagai pembangkit listrik seluruh kios pasar disaat ada pemadaman listrik. Sebagian kecil digunakan untuk gas memasak di kantin pasar. Dan sebagian lagi dijadikan pupuk cair dan program penghijauan dengan metode hidroponik.

Harapannya limbah cair berupa pupuk tersebut tidak terbuang percuma tapi bisa digunakan menghasilkan sayuran dan buah segar baik secara pertanian konvensional di tanah maupun secara hidroponik. Jika instansi bapak ibu ingin bekerjasama dengan kami dalam program hidroponik apapun silahkan menghubungi kami di 0822 2727 3232.

Share this :

, , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter