Berapa Sering Larutan Nutrisi Hidroponik Di Berikan Pada Tanaman Hidroponik Anda?

30 Januari 2019 - Kategori Blog

Ada banyak pertanyaan tentang “kapan saatnya mengganti atau menambahkan air nutrisi hidroponiknya ?”. Apalah 1 minggu sekali, 1 bulan sekali atau beberapa bulan sekali?

 

Dari pengalaman teman – teman penghobi hidroponik, hal tersebut tidak bisa dipastikan, berapa lama harus mengganti air nutrisi, hal ini tergantung banyak hal, mulai jenis tanaman, kondisi lingkungan sekitar, keadaan air sebelum dipakai, dan sebagainya.

 

Dalam metode hidroponik yang menggunakan sistem sirkulasi seperti pada system NFT mengisi ulang larutan nutrisi atau menambahkan larutan pada tendon/ penampung secara berkala adalah penting.

 

Sementara pada sistem non sirkulasi seperti fertigasi larutan nutrisi tidak digunakan kembali sehingga tidak ada pengaturan isi ulang yang diperlukan. Setiap sistem akan memiliki kebutuhan yang berbeda berapa banyak larutan baru yang harus ditambahkan karena akan berkaitan dengan faktor2 seperti :

 

– Tahap pertumbuhan tanaman

– Variasi

– Jumlah tanaman

– Total volume air dalam sistem dan

– Iklim

 

 

Sebenarnya belum ada rumus pasti, kapan larutan nutrisi harus diganti, namun berdasarkan pengalaman dari beberapa orang yang sudah expert di dunia hidroponik, berikut adalah beberapa hal yang perlu kita lakukan dan ketahui terlebih dahulu:

 

Pertama, Anda secara rutin harus menambahkan air segar ke dalam larutan nutrisi didalam tandon dan perlu dilakukan pengukuran dan penyesuaian kembali level pH yang sudah dianjurkan. Mengapa harus menambah air segar? Karena adanya faktor evaporasi (penguapan) serta transpirasi yang menyebabkan level air nutrisi dalam tandon menjadi berkurang.

 

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah seiring dengan semakin berkurangnya air dalam larutan nutrisi akbat penguapan, kepekatan nutrisi bukannya berkurang, malah justru sebaliknya larutan nutrisi justru akan menjadi semakin pekat (keras). Oleh karena itu, perlu penambahan air segar, bukan air yang sudah dicampur nutrisi.

 

Semoga Artikel ini bisa membantu Anda dalam belajar Hidroponik.
Salam Hidroponik GOODPLANT

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter
WhatsApp chat